Selamat Datang di Website Resmi Desa Kampung Gelgel, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Kampung Gelgel untuk seluruh masyarakat. JADWAL PEMBUANGAN SAMPAH DESA KAMPUNG GELGEL

Artikel

Kesenian Mehadrahan

25 Januari 2023 13:21:43  Administrator  73 Kali Dibaca  Berita Lokal

kampunggelgel, 11/10/2022, Bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negeri yang kaya akan warisan budaya, mulai dari kesenian maupun warisan budaya lainnya, dan di antara sekian banyak warisan budaya, seni tari adalah salah satunya.Masing-masing daerah mempunyai ciri tersendiri, dan masing-masing tarian mengandung maksud atau pesan yang berbeda pula.Seni Tari merupakan gerak tubuh secara berirama berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Untuk mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan, maka tari di iringi dengan bunyi-bunyian yang disebut musik pengiring tari.

Di Desa Kampung Gelgel sendiri memiliki tari klasik yang bernama tari hadrah yang merupakan warisan turun temurun yang dipentaskan saat hari-hari besar islam dan di acara pesta pernikahan warga masyarakat desa kampung gelgel saat acara resepsi atau disini disebut "mepadaan". Tari ini tediri dari 17 penari, 10 org penabuh dan 3 org sulis/vokal, di iringi dengan lantunan sholawat serta pantun klasik. Tari ini melambangkan kebersamaan dan persaudaraan dengan gerakan seperti gerakan sholat atau orang yang sedang berdoa, dan disini disebut "mehadrahan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Desa

 Pengaduan dan Surat Online

 Statistik

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online SP Online 2020

 Aparatur Desa

 Media Sosial

 Arsip Artikel

 Komentar

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:98
    Kemarin:176
    Total Pengunjung:404.125
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.207.129.175
    Browser:Tidak ditemukan