Selamat Datang di Website Resmi Desa Kampung Gelgel, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Kampung Gelgel untuk seluruh masyarakat. JADWAL PEMBUANGAN SAMPAH DESA KAMPUNG GELGEL

Artikel

Kelas Senam Ibu Hamil

24 Februari 2020 10:16:03  Administrator  331 Kali Dibaca  Berita Desa

kampunggelgel.desa.id 10/02/2020 Tujuan senam hamil adalah menyehatkan ibu hamil serta memperlancar proses persalinan dengan memberikan gerak latihan pada otot-otot dan bagian tubuh yang akan paling banyak berperan dalam proses persalinan tersebut misalnya tulang panggul, otot perut, dan otot paha, hingga nantinya ibu hamil diharapkan mampu melakukan persalinan normal dengan lancar. Adapun manfaat senam hamil yang dilakukan secara teratur, antara lain:

  • Meredakan rasa nyeri dan sakit selama masa kehamilan
  • Mengencangkan otot
  • Meringankan nyeri akibat pertambahan beban tulang belakang ibu
  • Meningkatkan kerja jantung dan paru-paru
  • Memperkuat sendi
  • Membantu menghindari pertambahan berat badan berlebihan
  • Membuat tidur lebih nyenyak

Dari sisi psikologis, senam hamil membuat ibu berpikir lebih positif karena merasa lebih siap menghadapi persalinan. Tidak hanya itu, setelah bayi lahir, senam hamil juga membantu ibu untuk segera dapat kembali ke bentuk badan dan stamina seperti semula.

Meskipun beberapa gerakan dalam senam hamil cukup mudah dipelajari dan dilakukan sendiri di rumah, sebaiknya ibu melakukannya dengan instruksi dan pengawasan ahli untuk mendapatkan manfaat senam hamil secara maksimal. Ibu yang ingin mendapatkan hasil maksimal dapat bergabung dengan kelas senam hamil yang biasanya banyak dibuka di rumah sakit ibu dan anak. Secara umum, instruktur senam hamil tersebut adalah bidan yang memang berpengalaman menangani proses persalinan, untuk itu Kader kesehatan dan bidan Desa Kampung Gelgel telah rutin melaksanakan kegiatan kelas senam ibu hamil yang bertempat di POSKESDES Kampung Gelgel, dan dilanjutkan juga dengan pemberian bingkisan untuk ibu hamil.

SALAM GEMA SANTHI..

Hal ini bertujuan agar setiap gerakan yang dilakukan memang disesuaikan kebutuhan dan kondisi tubuh. Gerakan dan latihan pernapasan diutamakan untuk mempersiapkan tubuh ibu lebih siap menjalani persalinan. Gerakan-gerakan yang dipraktekkan akan relatif lebih aman, sebab berada di bawah arahan instruktur berpengalaman. Di samping lebih terpercaya, dengan melakukan senam hamil bersama ibu hamil lain dapat membuat ibu merasa lebih nyaman karena merasa tidak sendiri dan dapat saling bertukar pikiran.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Desa

 Pengaduan dan Surat Online

 Statistik

 Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online SP Online 2020

 Aparatur Desa

 Media Sosial

 Arsip Artikel

 Komentar

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:83
    Kemarin:176
    Total Pengunjung:404.110
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.207.129.175
    Browser:Tidak ditemukan