Assalamu'alaikum Wr.Wb. Selamat Datang Di Website resmi Kami & Semoga Bermanfaat untuk kita semua, tentunya website ini masih jauh dari kata sempurna mohon kriitik dan sarannya.

Muhammad Nurillahi

Penjabat Perbekel Desa Kampung Gelgel

Inkowapi Siap Dukung Gagasan Jokowi tentang Koperasi Digital

  • Dibaca: 76 Pengunjung
Inkowapi Siap Dukung Gagasan Jokowi tentang Koperasi Digital

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, era digital saat ini harusnya bisa dimanfaatkan insan koperasi untuk lebih mamajukan dan mengembangkan terkait produk-produk usaha yang dimilikinnya.

Hal itu dikatakan Jokowi pada Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-71 Tahun 2018 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Kamis 12 Juli 2018, yang kemudian disambut positif oleh Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia (Inkowapi).

Ketua Umum Inkowapi Sharmila Yahya Zaini mengatakan, para pengusaha perempuan baik mikro kecil, menengah, mengapresiasi dan siap untuk mendukung sepenuhnya gagasan Jokowi tersebut.

"Saat ini kita berada di era digital. Internet membawa perubahan dunia yang sangat revolusioner. Internet menjadikan dunia sebagai negara global tanpa batas, semua terhubung dan terkoneksi menjadi satu," kata Sharmila melalui siaran pers, Senin (23/7/2018).

"Jika koperasi tidak masuk ke dalam dunia digital, maka ia akan ditinggal oleh perkembangan bisnis online yang sudah menggusur peran model bisnis konvensional," tambahnya.

Ada tiga hal yang menjadi perhatian Sharmila Yahya, yakni pendidikan usaha, permodalan, dan sistem teknologi informasi (IT System). Kata dia, saat ini Inkowapi menyiapkan mesin point of sales (PoS) yang terintegrasi dengan electronic data capture (EDC).

"Jadi, pemilik warung bisa mencatat transaksi pembelian penjualan sembako dan barang daganganan lainnya langsung di mesin tersebut. Dengan catatan transaksi pembelian dan penjualan yang rapi, pengusaha warung dapat melihat barang  mana saja yang 'fast moving'," ucapnya.

Sharmila mengungkapkan, Inkowapi juga telah bekerja sama dengan berbagai pihak. Sehingga warung dapat melayani transaksi pembelian pulsa telepon, pembayaran tagihan air, pajak bumi dan bangunan hingga pembayaran iuran BPJS.

Bagi Inkowapi sendiri, tujuan jangka panjang dari program digitalisasi koperasi ini adalah untuk mengingkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang pemberdayaan perempuan. 

Menurutnya, Inkowapi telah melatih lebih dari 3.000 anggota untuk pengelolaan warung secara digital, bekerja sama dengan Sahabat Usaha Rakyat (SAHARA) dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan warung.

Dia menambahkan, hingga saat ini Inkowapi memiliki 3 juta anggota yang tersebar diseluruh Indonesia. "Saat ini program yang sedang berjalan adalah pendataan dan pembinaan warung tradisonal yang dikelola oleh para peremuan di beberapa provinsi," tuturnya.

"Antara lain, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Kami menjadikan warung tradisional yang dikelola sebagai warung digital alias 'warung zaman now'," pungkasnya.

  • Dibaca: 76 Pengunjung

Artikel Terkait Lainnya